Minggu, 02 November 2008

Buku berjudul HM Misbach

Buku berjudul HM Misbach; Kisah Haji Merah dengan sampul buku bergambar palu arit tak ditemui di sentra toko buku Palasari Bandung. Karenanya para pedagang tak merasa risau dengan adanya instruksi penarikan buku tersebut oleh kejagung.

Kemarin, Kejagung mengeluarkan pernyataan bahwa buku yang semula karya skripsi seorang mahasiswa Fakultas Filsafat UGM Nor Hiqmah itu, tidak boleh beredar karena sampul buku bergambar palu arit yang identik dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Penelusuran detikbandung di sentra toko buku Palasari, Jalan Palasari, Minggu (2/11/2008), di beberapa toko buku tak ditemui buku yang bikin heboh tersebut. Misalnya di salah satu toko buku terbesar di Palasari, Bandung Book Centre (BBC).

Pemilik BBC Maizirwan mengatakan dirinya tak risau dengan adanya penarikan buku berjudul HM Misbach; Kisah Haji Merah dengan sampul buku bergambar palu arit tersebut. "Selain memang para pedagang sini engga menjual, kami juga tak ambil pusing kalau ada buku yan ditarik. Toh masih banyak buku lainnya yang bisa dijual," ujarnya.

Namun dia mengaku, dulu para pedagang sempat khawatir dengan adanya pelarangan sebuah buku mengenai aliran sesat. "Nah saat Ahmadiyah marak, kami disini sempat khawatir jika buku-buku tentang Islam pun ternyata dilarang beredar. Makanya kami sempat datangi polsek untuk bertanya mengenai buku," tuturnya

Tidak ada komentar: